Kelebihan Rumah Kayu

Kelebihan Rumah Kayu

Limasan lawasan oleh jogja limasan
 
Setiap membangun rumah pasti dibutuhkan kayu entah sebagai kerangka bangunan ataupun sebagai pelapis atap ataupun tembok dirumah. Tetapi bagaimana jika rumahnya hanya dari kayu saja, atau bisa disebut Rumah Kayu, amankah ?
 
Kita telusuri lagi apa saja  kelebihan jika membangun Rumah Kayu untuk tempat tinggal kamu.
 
1. Isolator Panas dan Dingin
 
Kayu merupakan penahan panas dan dingin yang efektif, sebagai isolator alami makanya banyak rumah-rumah di pedesaan masih banyak yang membangun rumah kayu. Bahkan jika membangun rumah non alami, untuk di beberapa ruangan rumah agar terasa adem dan sejuk ada yang menggunakan material kayu dan tekstur yang unik.
 
 
2. Terlihat Nyeni dan Artistik
 
Pola kayu yang unik memunculkan kesan yang sangat nyeni dan terlihat artistik, tetapi meski mempunyai warna dan pola yang unik tetap harus mengedepankan keamanan ya, pilih juga jenis kayu yang tahan rayap agar kuat digunakan selama bertahun-tahun.
 
3. Ramah Lingkungan
 
Tidak seperti beton, struktur rumah kayu dapat menyerap karbondioksida di sekeliling rumah, sehingga menjadikan lingkungan anda aman dari zat berbahaya. Pastikan juga agar sehalus mungkin saat mengamplas, karena jika badan kamu bersandar di kayu yang dijadikan tembok agar tidak menempel serat-serat kayunya.
 
4. Penyerap Suara
 
Mencari ketenangan saat dirumah adalah idaman semua orang, karena itu kita harus menetralisir gangguan dari luar dan dalam. Kayu merupakan material yang paling baik karena sifatnya yang menyerap suara tentunya dengan desibel tertentu, jenis kayunya pun harus dipilih, jangan sembarangan ya untuk bangunan biasanya kayu jati, merbau, meranti, dll.
 
5. Tahan Gempa
 
Bangunan yang menggunakan semen, beton dan bahan non alami lainnya jika terjadi gempa kemungkinan terjadinya keretakan atau hancur sangat tinggi. Sifat kayu yang elastis membuat rumah kayu masuk dalam kategori rumah tahan gempa, untuk kamu yang tertarik membuat rumah kayu sebagai penahan gempa tetap selektif ya memilih kayunya jangan yang asal mempunyai tekstur unik. Kayu jati yang paling disarankan, selain kuat harganya pun sangat mahal.
 
Nah itu dia kelebihan yang jika menggunakan rumah kayu, pastikan selektif dan melihat saat pembangunan atau renovasinya ya agar sesuai yang diharapkan.
 
Artikel ini diambil dari Kompasiana dengan judul 5 Kelebihan Rumah Kayu dan Sebagai Pertimbangan dalam Membangun Rumah Anda 
Penulis: Gizta Rizky